One Week One Skill

by - 09.06

Mari kita mulai praktek langsung ilmu yang sudah didapat dari kelas bunda sayang IIP. Dari materi kedua yaitu Melatih kemandirian Anak.

Untuk Syafiqa yang bulan maret nanti masuk usia 2 tahun, saya akan fokus dengan Toilet Trainingnya yang belum tuntas.  Sekitar 60 persen, siang sudah tidak pakai diapers tapi masih perlu di ingatkan dan diajak ke kamar mandi untuk pipis. Untuk Pup sudah memberi tahu dan di wc, semoga konsisten... sehingga bisa full lepas diapers.


Sejak usia mpasi , syafiqa sudah dilatih makan sendiri sehingga usia satu tahun alhamdulillah sudah biasa makan sendiri. Sebenarnya saat ini Syafiqa juga sudah "ngotot" mau pakai pakaian sendiri, setiap habis mandi dia tidak mau dibantu...yaa begitu deh kadang berhasil kadang belibet :-). Alhamdulillah diikuti saja, membersamai dan membantunya walaupun terkadang malah nangis kalau dibantu.


Dari materi yang didapat untuk Usia 1-3 tahunDi tahap ini anak-anak berlatih mengontrol dirinya sendiri. Maka sudah saatnya kita melatih anak-anak untuk bisa setahap demi setahap meenyelesaikan urusan untuk dirinya sendiri.
Contoh :
✅Toilet Training
✅Makan sendiri
✅Berbicara jika memerlukan sesuatu

🔑Kunci Orangtua dalam melatih kemandirian anak-anak di usia 1-3 th  adalah sbb :
👨‍👩‍👦‍👦 Membersamai anak-anak dalam proses latihan kemandirian, tidak membiarkannya berlatih sendiri.
👨‍👩‍👦‍👦 Mau repot di 6 bulan pertama. Bersabar, karena biasanya 6 bulan pertama ini orangtua mengalami tantangan yang luar biasa.
👨‍👩‍👦‍👦Komitmen dan konsisten dengan aturan



Untuk syahmi, beberapa hal sudah berjalan baik hanya butuh konsisten. Seperti membereskan mainan nya sendiri setiap selesai bermain. Saat ini syahmi sudah ingin mencuci piring sendiri...sambil diawasi saya persilahkan syahmi mencoba dimulai dari piring nya sendiri setiap sel;esai makan.

Syahmi akan dilatih kemandiriaannya dalam mempersiapkan keperluannya ketika berangkat sekolah, seperti tas, jaket, sepatu dan laiinya


Anak usia 3-5 th, di usia ini sedang menunjukkan inisiatif besar untuk melakukan kegiatan berdasarkan keinginannya
Contoh :
✅ Anak-anak lebih suka mencontoh perilaku orang dewasa.
✅Ingin melakukan semua kegiatan yang dilakukan oleh orang dewasa di sekitarnya

🔑Kunci Orangtua dalam melatih kemandirian anak di usia 3-5 th adalah sbb :
👨‍👩‍👦‍👦Hargai keinginan anak-anak
👨‍👩‍👦‍👦Jangan buru-buru memberikan pertolongan
👨‍👩‍👦‍👦 Terima ketidaksempurnaan
👨‍👩‍👦‍👦 Hargai proses, jangan permasalahkan hasil
👨‍👩‍👦‍👦 Berbagi peran bersama anak
👨‍👩‍👦‍👦 Lakukan dengan proses bermain bersama anak

#Day 1
#tantangan10hari
#melatihkemandiriananak
#Kelasbunsayiip


You May Also Like

0 komentar

INSTAGRAM