Review membamgkitkan fitrah seksual anak (8)

by - 07.54


Mengenai kebersihan alat kelamin.
Anak sulung sy laki2 sdh 13 thn.. dan mengeluh gatal2 disekitar pangkal pahanya.. sy menafsirkan dia kurang bersih ketika mandi. Maka sy membelikannya sabun antiseptik.
Kemungkinan mengenai hal ini sdh pernah sy ajarkan di waktu kecilnya sampai sekitar usia 10 tahun.. sejak itu sy ga pernah ajarkan lagi.. dan sekarang dia sdh masuk tahap aqil baligh.. sedangkan abinya agak sungkan membahas ttg kebersihan itu..
Nah.. bagaimana sy mengajaknya bicara mengenai keberaihan sekitar alat kelamin pada anak usia 13 tahun. Punya tips kah?
[10/1 14.56] Mbak Rindu Iip: Saya mau minta pendapatnya dari teman2 kelompok 7. Salah satu sex education pada anak adalah menanamkan jiwa maskulinitas pada anak laki2 dan feminim pd anak perempuan. Seperti memilihkan pakaian dan mainan. Nah anak saya laki2 4thn dr kecil dia lebih tertarik warna pink, kalo pilih makanan pasti yg ada warna pinknya. Mainan atau baju pun sempat lebih suka warna pink tapi kami alihkan ke warna merah sih jadinya dan menjelaskan juga kalo pink itu utk perempuan. Alhamdulillah nya anaknya suka juga main tarung2an jd gak membuat sy terlalu cemas. Cuman utk pilih makanan masih selalu pilih warna pink

 Apakah pemilihan warna juga jd salah satu sex education buat anak?
[10/1 15.00] ‪+62 812-8235-5563‬: 1. Ajak ayah terlibat, dg kita dampingi. Mungkin kl ada tmnny, suami berkurang sungkannya.

2. Ajak anak untuk mengidentifikasi penyebab awal organ genitalnya gatal, agar kita bisa melakukan tindakan selanjutnya dgn tepat

3. Tetap selalu mengingatkan untuk menjaga kebersihan organ genitalnya (penis) dan cuci tangan sebelum serta sesudah buang air.

4. Menggunakan celana dalam yang nyaman dan menggantinya minimal 2x sehari atau apabila basah agak tidak lembab.

5. Ingatkan untuk tidak menggaruk kemaluan bila gatal karena rasa gatal bisa jadi disebabkan oleh kuman dan bakteri yang berkembang biak disekitar organ genital.

6. Ajarkan untuk selalu mengeringkan organ genital setelah buang air, bisa dgn menyediakan handuk kecil dekat kamar mandi

7. Konsultasikan ke dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat.
[10/1 15.07] Mbak Wiwin Iip: Sependek pengalaman saya teh Ndu.. dulu ketua rohis kampus penyuka pink, Alhamdulillah ybs tidak ada masalah yang berkaitan dg fitrah seksualitas.

Bbrp teman yang anak nya lelaki jg banyak penyuka pink, tidak terlihat sisi feminim nya meski anak2 itu suka pink
[10/1 15.09] Mbak Wiwin Iip: Teh Ndu, pasti  khawatir ya kalau abang Azwan suka warna pink.

Setiap anak memiliki selera yang berbeda mengenai warna.

Pada perkembangannya, bahkan ada warna tertentu yang melekat dengan suatu jenis kelamin. Artinya, hanya jenis kelamin tersebut yang seolah mempunyai hak untuk menyukai dan boleh mengenakan atribut dari warna tersebut. Misalnya, pink.

Kenapa gitu?
Selama ini, masyarakat kita menganut suatu paham bahwa warna pink hanya dimiliki oleh perempuan saja.

Dengan melarang tanpa mengetahui penyebabnya, maka anak akan bingung.

Kalau anak kritis, ia akan terus mempertanyakan hubungan antara warna pink dengan perempuan. Khawatirnya, kita akan bingung menjawab dan malah memberi jawaban yang kurang logis.

Sementara, biarkan anak menyukai warna pink, sambil mencari tahu alasan sesungguhnya ia menyukai warna itu. Siapa tahu, ia menyukai warna pink karena melihat kita juga sangat menyukainya. Jadi, ia hanya ingin terlihat sama seperti ibunya 💕
[10/1 15.14] eviwiliyanti: Ikut bertanyaa🙋🏻‍♀
Boleh tidak anak anak berlainan jenis kelamin mandi bersama.

Sebenernya anak anak itu suka main air...jadi sebelum jadwal mandi sdh masuk kamar mandi untuk main main air. Setelah itu basah semua...ya akhirnya mandi di satu tempat dan waktu yg bersamaan
[10/1 15.21] ‪+62 812-8235-5563‬: Boleh, selama anak masih dibawah usia 3 tahun.

Kenapa?
Karena pada usia 3-5 tahun anak memasuki fase Falik. Dimana pada fase ini pemuasan libido atau dorongan seseorang berada pada alat kelamin.

Anak-anak sudah mulai paham dan menyadari perbedaan secara anatomi antara laki-laki dan perempuan

Tapi sebaiknya, hindari mandi bersama bila berlainan jenis kelamin sedini mungkin.

Hal itu bagian dari adab saling melihat jenis kelamin.

Kalau main air bersama selama dengan pakaian masih gak apa-apa

You May Also Like

0 komentar

INSTAGRAM