Selasa, 20 Oktober 2020

Kanvas Passion



Pekan ini di kelas Bunda Produktif masuk ke pekan passion,  membuat kanvas passion dan berdiskusi di cohousing masing-masing. 


Materi nya sangat  menarik dan saya simpan disini hehe


*Mengaktivasi passion*


Cohousing merupakan tempat untuk belajar kelompok, berkreasi, membuat project bersama.


Aktivasi passion merupakan syarat utama untuk hidup di Hexagon City.


1. Passion adalah perasaan yang sangat kuat seseorang akan sesuatu. Dalam 6 bulan jangan berganti passion, konsekuen dengan pilihan Anda. 

2. Passion seringkali menjadi akar dari berbagai hal sebelum seseorang melakukan sesuatu. Passion tidak selalu sama dengan hobi. Misalkan hobi masak, tetapi setelah dijalani tidak passionate. 

3. Dengan adanya passion, seseorang seringkali terdorong berinisiatif melakukan sesuatu walaupun tanpa diminta. Tanpa disuruh akan menjalankannya, belajar dengan sungguh-sungguh tentang prosesnya, dan melakukan improvement dari hari ke hari. 


*Pembagian Passion*

Agar lebih aktif dan produktif, sebaiknya berupaya untuk menemukan passion yang cocok dan menumbuhkannya sesuai dengan perkembangan diri.


1. Passion for Knowledge

Perlu dimiliki seseorang agar mau mempelajari suatu keahlian atau pengetahuan.

2. Passion for Business

Dianjurkan dimiliki agar orang terdorong untuk menjadi mandiri dan tidak menjadi beban orang lain secara finansial. 

3. Passion for Service

Manusia adalah makhluk sosial, sehingga secara naluriah ada dorongan untuk selalu terhubung dan melayani sesama. 

4. Passion for People

Passion ini banyak memengaruhi bagaimana kita membentuk, menjaga, dan mengembangkan hubungan dengan orang lain. 


*Pengembangan Passion*

1. Fundamental Life Stage > Knowledge > muncul di usia 0-20 tahun. Kata kunci: mencari ilmu pengetahuan. 

2. Forefront Life Stage > Business > muncul di usia 20-40 tahun. Kata kunci: mandiri, tidak bergantung pada orang lain, produktif, untuk diri sendiri. 

3. Foster Life Stage > Service > muncul di usia 40 - 60 tahun. Kata kunci: mengembangakan sesuatu, mendorong orang, berbagi, melayani.

4. Final Life Stage > People > usia 60 tahun ke atas. Kata kunci: bermanfaat bagi banyak orang.


Pembagian tahapan tersebut boleh sesuai kondisi saat ini. Misal belum pernah passion for knowledge di usia 0-20 tahun, maka boleh memulainya saat ini. Tidak ada kata terlambat.

Boleh memulai dari mana saja (passion for knowledge, passion for business, passion for service, atau passion for people terlebih dahulu.


Penting saat memandu anak-anak menemukan passionnya kalau passion for knowledge dimulai dari 0-20 tahun.



Passion yang saya ambil adalah home edukasi. Bicara tentang home edukasi,  ini tidak hanya bicara bagaimana mendidik anak.  Tetapi juga mencakup semuanya,  banyak hal,dimulai dari diri sendiri dengan tazkiyatun nafs.  Saya sudah cukup lama belajar tentang ini dan sangat menaruh minat ketika membicarakan ny, dan juga berbagi dengan yang lain.  Sepertinya juga masuk ke dalam passion for service and people. Tahapan saat ini,  saya masih coba untuk mrmperkuat passion for knowladge. 


 Dan di project passion kami akan mbuat e buletin dengan nama "Sahabat Bunda". Semoga  e bulerin ini dapat menjadi salah satu referensi teman-teman dalam mendidik anak-anak dengan lebih semangat dan percaya diri. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar