Membuat Keju Dari Susu Hometown Dairy

by - 19.38

Pertama kali mendapat informasi workshop pembuatan keju, saya langsung mengajak anak kedua saya ( Syafiqa ) untuk ikut acara tersebut . Karena memang Syafiqa yang paling berminat dengan kegiatan masak-memasak.  Syafiqa kebetulan saat ini homescholing.  Dirumah, kami punya kurikulum fun cooking.  Jadi pass banget kan,  sekalian kami bisa outing ke mall hehe.



Acara yang diadakan oleh HOMETOWN DAIRY ini memang diadakan di mall bumi kedaton Bandar Lampung, di hari Sabtu tanggal 5 Oktober 2019. Masih dalam rangkaian event mom and kids fair. Dengan produk utama susu segar , Susu Hometown dairy ini masih ada hubungan saudara dengan bakso bonanza yang saya buat dihari sebelum nya 😀.

Susu hometown dan bakso bonanza sama sama dibawah naungan PT Great Giant Livestock . Seperti informasi sebelumnya, Susu Hometown ini juga berasal dari peternakan sendiri  yang ada di Terbanggi Besar Lampung Tengah.  Ditengah perkebunan nanas,  Sapi - sapi disana diberi pakan terbaik dan berkualitas.  Sehingga daging dan susu yang dihasilkan juga berkualitas .

Saya pernah ikut workshop pembuatan keju. Bahan utama yang dibutuhkan adalah susu segar, dan kunci utama keberhasilan pembuatan keju adalah susu murni yang berkualitas baik. Jadi penasaran , bisakah susu Hometown ini dibuat keju? Kalau rasa,  saya sudah mencicipi.  Memang Enak , gurih dan tidak amis. Biasanya saya lebih suka susu coklat, tetapi kemarin saat acara demo masak bakso bonanza, saya jadi suka juga minum susu hometown😊.

foto @HeniPuspita

Dengan penuh semangat,  kami berangkat ke lokasi  acara workshop.  Hampir saja terlambat karena terjebak macet dijalan.  Ada Badak Lampung ( tim sepak bola ) yang akan bertanding dan kebetulan juga weekday,  jadi jalanan begitu padat merayap.

Anak anak dan para orangtua sudah memenuhi tempat acara saat kami tiba disana.  Syafiqa segera mencari tempat untuk duduk.  Saya mengambil posisi dipinggir arena workshop. Mengamati Syafiqa dari jauh dan memperhatikan Chef Gaby beraksi kembali.



Workshop kali ini adalah membuat keju jenis ricotta.

Ricotta adalah keju segar dari Italia yang dibuat dari air dadih sisa pembuatan keju lain yang dimasak lagi. Ricotta berasal dari kata bahasa Latin yaitu "recocta" yang berarti "dimasak lagi".Keju ini diproduksi di seluruh daerah di Italia. Ricotta dapat dimakan begitu saja ataupun digunakan dalam lasagnacannoli (kue dari Sisilia) dan hidangan-hidangan lainnya. Keju ini memiliki rasa yang tidak terlalu manis dengan tekstur yang lembut dan warna yang putih seperti salju (sumber wikipedia ).

Jenis keju ini cukup simple membuatnya.  Sesuai resep dari Chef Gaby, hanya membutuhkan 3 bahan yaitu Susu kualitas baik,  perasan jeruk lemon dan garam. 
Saat workshop tentu saja yang digunakan adalah susu fresh dari Hometown.
Hometown Dairy merupakan susu segar jenis pasteurisasi yang diproses dengan pemanasan dibawah 100 derajat Celcius, sehingga probiotik, vitamin, dan protein yang dibutuhkan tubuh masih lengkap dan utuh".
Saat proses pemanasan tersebut hanya menghilangkan organisme merugikan seperti bakteri atau virus, tetapi tidak menghilangkan kemurnian dan kualitas susu. Jadi susu hometown sangat cocok untuk membuat keju ricotta.  Bisa dicoba sendiri dirumah ya . Karena memang mudah dan bahannya sederhana.  Beli susu nya juga bisa didapat di supermarket terdekat dikota masing masing. 

Saat workshop,  anak-anak diajarkan mengkreasikan keju ricotta dengan buah pisang dan madu yang dimasukkan kedalam jar.  Buah nya bisa diganti yang lain sesuai selera,  sepertinya buah naga atau stroberi juga patut untuk dicoba dirumah.  Selesai workshop yang seru,  anak-anak dan orang tua cukup antusias dengan hasil olahan keju dan mendapat sebotol susu hometown segar. 




Beberapa fakta Susu Hometown Dairy yang perlu diketahui




Kemasan ( Packaging )

Pertama kali lihat kemasannya,  keren dan elegan seperti produk luar negri.  Kemasan yang kokoh dan dibagian penutup terdapat segel pengaman yang cukup kokoh juga, mampu menjaga kualitas susu tetap baik.

 Warna putih yang mendominasi dan warna biru dibagian tutup menambah kesan mewah. Sukaa banget,  sampai sayang mau membuang nya.  Bisa jadi bahan eksperimen Syahmi anak pertama saya yang sangat suka bebikinan dari bahan bekas.

Susu Hometown terdapat 2 ukuran kemasan botol,  yaitu ukuran 1 liter dan 2 liter.
Dengan harga yang cukup terjangkau. Rp 29 ribu untuk ukuran 1 liter dan 54 ribu untuk ukuran 2 liter.

Rasa dan Aroma
  
Seperti yang sudah saya sampaikan diatas,  susu ini rasanya.  Creamy, segar, gurih dan ada manis-manis alami susu.  Saya sangat suka susu ini.

Aroma nya juga segar dan tidak amis.  Tidak bikin enek atau tidak nyaman gitu.


Sertifikat halal MUI dan Terdaftar BPOM

Ini salah satu syarat utama dalam keluarga kami ketika memilih makanan atau minumam.  Susu Hometown sudah terdaftar BPOM dan halal MUI.  Jadi aman dan tenang mengkonsumsi nya.

Susu Segar Pasteurisasi

Diolah dengan sistem pasteurisasi membuat susu Hometown terjaga kandungan vitamin dan mineral didalamnya.  Segar dan murni tanpa tambahan apapun,  tanpa pemgawet, tanpa perasa dan tanpa gula. Karena 100% susu murni maka jangka waktu penyimpanan tidak bisa lama.  Sekitar 12 hari didalam kulkas.

Produk Lokal

Dengan tampilan dan rasa yang begitu baik,  cukup berbangga ketika mengetahui bahwa susu Hometown merupakan produk lokal.  Produk dalam negri dan juga dari daerah tempat saya lahir dan besar yaitu Lampung.

Bagaimana teman teman?  Mau ikutan mencoba susu Hometown dan membuat keju ricotta ? Jangan ragu-ragu, langsung aja cuss ke Supermarket terdekat 😊
Informasi lengkap tentang susu Hometown bisa mengunjungi @hometowndairy.id



You May Also Like

2 komentar

  1. Informatif,Mbak. Terima kasih atas ulasannya. Senang bisa membaca tulisan Mbak Evi. ❤

    BalasHapus
  2. Acaranya oke ya, mba buat anak-anak. Bangga juga ternyata susu yang dikira produk luar ternyata produk lokal. Eh, Ada foto bareng Syafiqa dan Mutiara.

    BalasHapus

INSTAGRAM