Keinginan dan kebutuhan

by - 07.38


Dalam materi kecerdasan finansial sejak dini di kelas bunsay, salah satu hal yang dibahas adalah tentang keinginan dan kebutuhan.  Anak anak diajarkan tentang keinginan dan kebutuhan sehingga lebih bijak dalam mengelola uang nya, dan juga dilatih untuk membedakan mana permintaan nya yang memang kebutuhan dan yang mana yang hanya sekedar keinginan.


Sebenarnya ini bahasan yang menohok buat saya juga selaku emaknya yang terkadang masih sulit membedakan mana kebutuhan dan mana keinginan :-) jadi saya pun ikut belajar bagaimana cerdas finansial.  Bagaimana bisa mendidik anak untuk cerdas finansial sedangkan saya orang tua nya juga belum cerdas dalam mengelola keuangan.  Bismillah. .. sama sama belajar.

Bulan ini saya tersadar sudah terlalu banyak membelikan buku untuk anak anak. Entah mengapa sejak menikah ... belanja buku itu lebih menggoda dibandingkan untuk belanja baju dan jilbab :-)
Makanya saya begitu menikmati berjualan buku dan mainan edukasi untuk anak anak. Sambil berjualan saya juga bisa leluasa memilih kan buku buat anak sendiri disamping dapat bonus harga yang lebih murah.



Setelah dapat materi ini, saya coba mengerem keinginan anak anak dan saya sendiri.  Ada buku ensiklopedia tema mobil. .. bagus dan syahmi memang suka dengan aneka transportasi.  Tapi kemarin baru saja beli buku yang bertema mesin raksasa dan ensiklopedia wwp yang cukup lengkap.  Dan itu belum semua terbaca. Syahmi yang sudah terlanjur melihat buku tersebut di galery hp saya, bersemangat minta dibelikan buku itu. Nah ini kesempatan untuk ngobrol tentang apa itu keinginan dam kebutuhan,  dengan dialog ringan coba menggali pemahaman nya dan memberi pengertian tentang apa itu kebutuhan dan keinginan. Alhamdulillah syahmi mengerti, dengan pemahaman membeli  buku tersebut bukan kebutuhan saat ini. Masih bisa ditunda dan memanfaatkan dengan baik buku sejenis yang sudah ada dirumah :-)

#day2
#cerdasfinansial
#kelasbunsayiip
#rezekipastikemulianharusdicari

You May Also Like

0 komentar

INSTAGRAM