Membuat celengan Sendiri

by - 12.55


Agenda playdate IIP Lampung kemarin adalah membuat celengan.  Program sejuta cinta yang tujuannya melatih kepekaan sosial anak anak untuk dapat berbagi dari hasil celengan yang sudah dikumpulkan.
 Diawali dengan membuat celengan sendiri,  langkah pertama untuk mengebalkan tentang uang. Bagaimana kita memperlakukan uang,  Uang yang fungsi nya tidak hanya untuk membeli sesuatu tetapi juga dapat disisihkan atau disimpan untuk membantu orang lain yang membutuhkan.

Anak anak sebenarnya sudah punya celengan juga dirumah, tujuan nya membiasakan menabung ketika ingin membeli sesuatu.  Kali ini membuat celengan sendiri dari toples atau kaleng bekas. Dihias dengan kain flanel. Hasil nya dibawa pulang untuk diisi dirumah. Semangat syahmi membuat hiasan nya sendiri,  syafiqa juga tidak mau ketinggalan dong.

Syahmi memang belum dipegangi uang sendiri.  Kalau sekolah membawa bekal, jajan diwarung dekat rumah juga jarang karena saya biasanya sudah siapkan camilan dirumah. Jadi untuk mengisi celengan,  syahmi minta uang kesaya. Seperti pada materi di bunda sayang , anak anak dibawah 7 tahun dikenal kan dulu tentang konsep rezeki dan pemahaman tentang apa itu kebutuhan dan keinginan. Jadi syahmi belum saya beri uang untuk dikelola sendiri tapi sepertinya menarik saat bahasan tentang mini budget. Bagaimana anak anak dilatih untuk membuat mini budget dan mengelola uangnya sendiri.

Karena Syahmi untuk mengisi celengan dengan meminta langsung dan terkadang sehari bisa lebih dari sekali karena pengen cepat penuh isinya :-). Saya berfikir seperti nya pass untuk syahmi juga berlatih membuat mini budget sederhana. Seminggu sekali dia pegang uang... Untuk apa dan kapan digunakan. Hari jajan syahmi adalah hari sabtu dan jumat adalah hari infaq disekolahnya. Nanti syahmi akan belajar mengatur bagaimana dia bisa mengelola uang nya dan juga berlatih membagi uangnya untuk ditabung. Tapi saya juga terlebih dahulu akan perkuat pemahamannya tentang kebutuhan dam keinginan.  Pemahaman tentang  kosep rezeki.

#day1
#kuliahbunsayiip
#cerdasfinansial
#rezekipastikemulianharusdicari

You May Also Like

0 komentar

INSTAGRAM