Menjawab keluh kesah anak dengan kisah/dongeng

by - 06.30

Melanjutkan hari ketiga, masih berproses dan belajar tentang bagaimana mendongeng. Tantangan dari materi tentang mendongeng ini, kami diminta untuk berlatih menjawab keluh kesah anak dengan kisah/dongeng. Seru sebenarnya, tapi namanya berlatih ya pelan pelan. Karena masih terbiasa dengan gaya langsung keluar kata kata nasehat. Padahal anak lebih suka dengan cara lain salah satunya dengan kisah atau dongeng.


Seperti hari ini, Syahmi menangis nangis karena kotak mainan yang berisi balok balok dan mobilan disembunyikan abinya karena sehabis main tidak dirapihkan. Dan abinya bilang mainan nya sudah dibuang. Menangis sedih dan pakai teriak teriak tapi abi tetap diam. Jadilah syahmi mengadu pada saya. Sebenarnya kepala agak sedikit pusing tapi saya memilih bersabar mendengarkan syahmi mengadu. Syahmi bisa tenang dulu? Coba tanya lagi sama abi dimana mainan nya dan janji untuk tidak mengulangi lagi. Kita kan sudah sepakat kalau habis main dibereskan. Kalau nggak nanti abi umi yang bereskan tapi terserah mau abi umi apakan mainan nya.

Sudah mulai agak redaa nangisnya. Tenang ya...istirahat dulu sudah malam. Besok ngomong lagi dengan abi. Tertidur akhirnya syahmi dan setelah saya juga agak lumayan reda pusing nya. Ahh harusnya saya bisa masukkan kisah atau dongeng saat menenangkan syahmi. Lalu mulai pikiran ini mencari cari kisah yang pass😁.  Ini contoh gagal ya ceritanya...tapi nggk apa apa dilain kesempatan saya akan mencoba lagi. Agar bisa seperti yang dicontohkan Bu Septi pada kasus berikut :

"Ibu, ini bulan-bulan yg sangat berat dalam hidup saya, saya nggak sanggup lagi kayaknya untuk melanjutkan proses yg sdh saya mulai"

Jawab :
"Hmmm...sini ibu peluuuk....kisahmu ini sepertu pilot yang sedang menembus gumpalan awan,, ada rasa takut untuk memasukinya, tapi sang pilot memutuskan harus masuk awan itu, tidak bisa balik, karena pasti tidak akan sampai tujuan.  Apa yang dilakukan sang pilot? *Full Konsentrasi, dan High Speed* masuk ke awan dan turbulensi yg luar biasa. Penumpang pun berteriak menyebut nama Allah, pilot pun mungkin keluar keringat dingin, adrenalinnya naik, emosinya diguncang, tapi dia harus tenang. Alhamdulillah suasana seperti itu hanya sesaat, yang penting berani unt dilalui. Pilot Pun segera bersyukur tenang.. penumpang mulai senyum bahagia. Sampai di daratan peristiwa di atas tadi memang menakutkan tapi akan menjadi bagian cerita perjalanan kita.



#Tantangan10Hari
#Level10
#KuliahBunsayIIP
#GrabYourImagination

You May Also Like

0 komentar

INSTAGRAM