Keluarga Multimedia ( Marbel)

by - 05.30


Sudah lama kami tidak mengenalkan game edukasi ke anak anak. Waktu syahmi masih usia 2 - 3 tahunan, pernah dikenalkan dengan game edukasi dengan aplikasi Marbel ..."Mari belajar sambil bermain"😀. Lumayan bagus memang, ada belajar tentang bentuk,warna huruf, angka, hijaiyah. Sangat menarik dan anak anak pasti suka.

Karena baca baca bahwa kurang baik bila anak anak berinteraksi dengan gadget jadi saya menghentikannya dan kebetulannya juga hp saat itu kurang mendukung alias error terus hehe. Tapi saat mendapat materi tentang keluarga multimedia, terfikir  kembali untuk mengajak anak anak bermain game edukasi marbel ini. Karena anak anak kita memang berada di jaman digital tinggal bagamana kita menggunakan dan mengoptimalkan kecanggihan tekhnologi ini dengan tidak menjadikannya sebagai yang utama, karena tekhnologi adalah sarana pendukung.

Karena Syahmi sedang ingin belajar membaca jadi saya ingin mencoba gaya belajar dengan memanfaatkan tekhnologi ini. Setelah saya instal di hp, satu untuk syahmi dan satu lagi untuk adiknya syafiqa tentang bentuk dan warna. Saya ajak anak anak untuk belajar bersama dan benar saja anak anak sangat suka ini. Tapi ada yang terlupa oleh saya tentang aturan main sebelum menggunakan aplikasi ini, tentang waktu dan durasi serta syarat lainnya.  Untuk syahmi dia mengerti setelah saya jelaskan bahwa waktu nya hanya satu jam dan dalam seminggu 2 kali saja. Tetapi tantangannya dengan sikecil Syafiqa yang berkarakter keras dan berkemauan kuat. Bila sudah A ya A, tidak dengan mudah menerima penjelasan apalagi dalam kondisi dia sedang kesal karena diminta berhenti bermain. Karena sudah terlalu lamaa bermain dan diberi penjelasan malah menangis. Saya putuskan untuk menghapus dulu aplikasi ini sampai dia mengerti, heboh memang jadinya dan cukup lama dia menangis memaksa bermain. Dan sebenarnya ini kesalahan saya juga diawal...jadi mesti sabarrrr😂 meskipun geregetan karena harapan berman gembira malah menangis dan sempat berebutan bermain tidak mau bersama sama.


Review nya aplikasi ini bagus dan mendidik tapi untuk yang gratisan memang banyak iklan dan cukup menggangu karena setiap ganti permainan ehh iklannya muncul lagi dan lagi😀.

Catatan pentingnya sebelum menggunakan media tekhnologi ini jangan lupa buat aturan main yang disepakati bersama anak anak jadi bisa bermain dan belajar dengan nyaman. Tidak tergantung dengan media tang satu ini karena selalu update. Dan benar kata elan... Bila tidak mau kalah dengan game,kita sebagai  orangtua harus lebih update daripada game😄


#Tantangan10Hari
#Level12
#KuliahBunsayIIP
#KeluargaMultimedia

You May Also Like

0 komentar

INSTAGRAM