Jurnal Pertama Bunda Cekatan

by - 22.58





   Kelas Bunda Cekatan sudah dimulai, saya menyambutnya dengan perasaan nano-nano. Perasaan bahagia, antusias dan penasaran mendominasi karena memang sudah cukup lama dinanti .  Saya masuk dikelas Bunda Sayang batch#1 dan harus menunggu sampai batch#7 selesai, bukan waktu yang sebentar bukan hehe, sekitar dua tahun.

 Perjalanan dalam kelas bunda cekatan akan ditulis sebagai jurnal. Saya akan menuliskan tersendiri bagaimana suasana perjalanan di Kelas Bunda Cekatan yang penuh kejutan. Kali ini , tulisan ini dibuat khusus untuk membuat jurnal sebagai bagian dari tugas dalam kelas bunda cekatan. 

   Mengawali jurnal pertama dikelas Bunda Cekatan, seluruh peserta diminta untuk menuliskan 5 aktifitas yang membuat bahagia. Segala aktifitas dalam peran kita sebagai perempuan, istri dan Ibu. Dimulai dengan melacak kekuatan diri melalui diagram daun berikut ini :



Berikut hasil pelacakan dari saya pribadi 😂


   Selanjutnya dari diagram daun tersebut, kita akan menemukan aktifitas yang kita suka dan kita bisa. Yang dapat menjadi kekuatan dan pijakan menjadi Bunda Cekatan.

Inilah 5 aktifitas saya , yang selama  ini membuat bahagia. Sebenarnya banyak aktifitas yang membuat saya bahagia, tetapi cukup hanya lima yang kita tuliskan.


1. MEMBACA
Membaca sudah mejadi hobi saya sedari kecil. Alhamdulillah sampai sekarang disaat saya sudah menjadi seorang ibu dari 3 orang anak, membaca tetap menjadi aktifitas yang paling membahagiakan. Membaca menjadi salah satu pilihan utuk me time. Membaca juga berpengaruh besar terhadap pengetahuan dan pemahaman saya dalam menjalani peran sebagai seorang perempuan, istri dan seorang ibu. 

2. MENULIS
Saya suka sekali menulis, baik tulisan receh maupun yang serius. Dulu tidak pernah terfikir untuk menjadi penulis, saya menulis karena saya ingin menulis. Tak perlu alasan khusus. Menulis menjadi tempat saya menuangkan perasaan dan pemikiran. Semenjak bergabung dengan Komunitas Ibu Profesional, barulah saya punya kepercayaan diri bila tulisan saya dibaca orang lain. Sebelumnya tulisan-tulisan saya hanya untuk diri sendiri 😃. Sekarang semakin semangat untuk menulis, belajar dengan teman-teman yang mempunyai hobi yang sama. 

3. Traveling
Jalan-jalan, kesukaan saya berikut ini tak harus jauh. Tidak terlalu fokus pada tujuan nya, tetapi yang saya nikmati ketika traveling adalah saat diperjalannya. Saya menyukai pemandangan di setiap jalan yang saya lewati. Berhenti sejenak untuk beristirahat juga menjadi hal yang begitu mengasyikkan. Suasana dan perasaan berbeda menjadi pengalaman yang membahagiakan. 

4. Bermain Bersama Anak
Moment saat anak-anak masih membutuhkan perhatian penuh orang tua nya, membuat saya senang membersamai mereka. Termasuk bermain, lebih tepat nya beraktifitas bersama. Aktifitas anak-anak ya lebih banyak bermain. Saat bermain saya akan lebih senang tidak terganggu dengan hal lain. Termasuk pekerjaan-pekerjaan domestik. Kelas Bunda cekatan ini menjadi penantian saya sejak lama. Saya ingin lebih cekatan sebagai manajer rumah tangga, sehingga waktu saya untuk bermain bersama anak-anak lebih berkualitas. 

5. Berkomunitas
Berkumpul dan berjejaring dengan banyak orang yang mempunyai value yang sama membuat hidup saya lebih berwarna. Berkomunitas mampu menciptakan kebahagian dengan rasa yang berbeda. Saat menjadi mahasiswa, saya sudah aktif berorganisasi.  Pengalaman tersebut membawa saya terpanggil untuk mengambil peran dibeberapa komunitas. Saat ini saya sudah berkeluarga dan mempunyai anak, berkomunitas menjadi bagian dalam peran menjalankan misi spesifik saya dibidang parenting. Menambah energi saya secara pribadi maupun dalam keluarga. Berkomunitas dengan bahagia, salah satu nya dengan Komunitas Ibu Profesional.

Sekian jurnal pertama yang bertema KEBAHAGIAAN. Saya menuliskan 5 aktifitas yang membahagiakan ini juga dengan bahagia 😃, sebagai langkah untuk mengenali diri dan mencari kekuatan yang dominan. Semoga lancar tahap demi tahapnya.  Semangaaat




You May Also Like

0 komentar

INSTAGRAM