Jurnal Kedua Bunda Cekatan

by - 20.57



Memasuki pekan kedua kelas Bunda Cekatan di Institut Ibu Profesional, kami mendapat materi tentang Belajar mandiri atau Metakognisi. Menarik sekali dan saya sudah merangkumnya dalam catatan tersendiri. 

Dalam materi tersebut salah satu kunci dari pembelajaran mandiri adalah mendiagnosa kebutuhan belajar. Setelah menemukan telur - telur hijau pada jurnal pertama yaitu 5 aktifitas yang membuat kita bahagia, aktifitas yang kita bisa dan kita suka. 

Sekarang di jurnal kedua, kita diminta menemukan telur - telur merah. Tahap dimana kita menentukan keterampilan yang kita butuhkan berdasarkan aktifitas yang sudah kita temukan di tahap pertama.

Sebelum menentukan keterampilan yang kita butuhkan, dimulai dengan melihat kembali aktifitas yang kita suka dan bisa tersebut apakah juga merupakan aktifitas yang penting dan harus kita lakukan. Sehingga indeks  kebahagiaan kita sebagai seorang perempuan, istri dan ibu dapat terus meningkat.

Dari 5 aktifitas yang saya buat kemarin, tidak ada yang perlu direvisi karena sudah masuk kriteria yang membuat saya bahagia, saya suka, bisa dan penting. 

Saatnya masuk untuk mengidentifikasi keterampilan yang mendukung aktifitas-aktifitas tersebut dengan diagram berikut.


Kali ini cukup lama saya mencoba memasukkan beberapa keterampilan yang memang sedang saya butuhkan. Perlu pertimbangan untuk meletakkan nya dikuadran yang tepat. Hasilnya sebagai berikut...


Dari diagram tersebut, saya ambil 5 keterampilan yang benar - benar penting dan mendesak. 


Akhirnya saya menemukan telur - telur merah, yang saya rasa memang keterampilan tersebut penting dan mendesak untuk dikuasai dalam waktu dekat ini.

1.  Mendalami Home Schooling ( HS) , Fitrah Based Education ( FBE ) dan Talent Mapping (TM)

Di tahun 2020 ini kami sudah memutuskan untuk memilih Homescholling . Anak - anak , khususnya Syahmi anak pertama saya akan menjalani HS di kelas dua semester kedua. Meskipun saya sudah mempelajari HS sudah cukup lama, sebelum mempunyai anak. Keterampilan untuk mendukung keputusan tersebut perlu saya ulang dan dalami lagi. Hal - hal terkait ilmu untuk mendampingi anak - anak perlu mendapat porsi yang lebih banyak. Materi tentang bakat anak seperti pandu 45 dan talent mapping serta materi fbe akan menjadi fokus dalam parenting. Mendampingi anak - anak akan menjadi lebih membahagiakan ketika ilmu tersebut sudah dipahami dengan baik. Sehingga dapat mengplikasikan ilmu dengan lebih rileks dan optimis.

2. Manajemen Waktu

Keterampilan tentang manajemen waktu menjadi pilihan yang penting dan mendesak. Saya sangat memerlukan ini, mengingat akan ada beberapa perubahan dalam mendampingi anak-anak, khususnya masalah waktu. Sebelumnya ada partner yaitu Sekolah dalam mendidik anak, kedepan saya dan suami akan full time mendampingi mereka. Kecerdasan dalam mengelola waktu sangat dibutuhkan agar semuanya lancar dan membahagiakan. Aktifitas saya dalam mendampingi anak- anak, pekerjaan domestik , aktifitas pribadi seperti menulis blog perlu diatur senyaman mungkin. Memendekkan aktifitas yang tidak saya suka tapi harus dikerjakan dan memanjangkan aktifitas yang benar - benar saya suka dan bahagia.

3. Manajemen Finansial

Masih terkait dengan keputusan kami untuk anak-anak homeschooling. Keterampilan mengelola keuangan sangat dibutuhkan karena ada pos - pos keuangan yang akan berpindah, berkurang dan bertambah. Kami harus pintar mengelolanya agar semua aktifitas dan rencana berjalan lancar. Aktifitas di telur hijau kemarin salah satunya adalah travelling akan menjadi bagian kurikulum anak - anak juga. Agar kami dapat berjalan- jalan sesuai rencana maka pengelolaan keuangan perlu mendapat perhatian besar 😃.

4. Keterampilan SEO Blogspot

Untuk mendukung resolusi saya di tahun depan yaitu menjadi seorang blogger profesional. Saya meletakkan keterampilan ini didalam pilihan keterampilan yang penting dan mendesak. Menulis di blog bukan lagi sekedar pengisi waktu , kedepan saya ingin lebih serius dalam mengelola blog. Dalam menjalaninya selama ini, saya sudah merasakan enjoy, easy dan excellent ( ini belum terlalu sebenarnya 😅,masih terus berproses) . Dalam talent mapping ada 4E, dan E yang terakhir adalah Earn. Untuk mencapai EARN tersebut, saya membutuhkan keterampilan memahami dan mengaplikasikan seluk beluk blog. Saya akan mencoba naik ke tahap bagaimana lebih produktif agar blog saya dapat menghasilkan, tidak hanya tentang materi tapi juga kebermanfaatan yang lebih. Blog yang tadinya hanya untuk kebutuhan pribadi semoga kedepan menjadi wadah yang mempunyai manfaat lebih luas lagi.

5. Keterampilan Tahsin

Beberapa waktu lalu sempat berhenti belajar tahsin karena beberapa hal. Saya masih membutuhkan tempat dan guru untuk memperbaiki bacaan Alquran yang belum baik. Tidak hanya untuk diri sendiri, kemampuan membaca Alquran dengan baik juga sangat dibutuhkan dalam mendampingi anak - anak. Memberi contoh dan tauladan langsung,  akan lebih bekerja dengan efektif dan efisien untuk anak-anak.

Alhamdulillah selesai sudah pencarian telur - telur merah. Menanti review dan tahap selanjutnya. Ternyata semakin lama, semakin seru belajar dan bermain di kelas Bunda Cekatan... Mari Bersemangat dan bergembira😀

You May Also Like

0 komentar

INSTAGRAM