Refleksi Belajar

by - 02.36


Tidak terasa, sebentar lagi memasuki tahap akhir kelas ulat - ulat. Di jurnal ketujuh ini, kami diminta untuk melakukan Refleksi Belajar. Melihat kembali apa yang sudah kami pelajari di The jungle of knowladge ini.

Apakah makanan yang ditemukan sudah sesuai dengan peta belajar yang sudah dibuat? 


Makanan yang ditemukan

Dari awal saya sudah mencoba untuk fokus hanya memilih satu keluarga yaitu Fotofolio anak. Karena dari kelima tema belajar saya yang ada di peta, portofolio anak menjadi hal yang paling saya butuhkan terlebih dahulu. Dan benar saja, banyak sekali sub tema yang akhirnya saya dapatkan.  Tema lain seperti pandu 45 dan Talent Maping ikut menjadi bagian ilmu yang melengkapi. Di go live, saya menemukan ilmu pendukung lainnya yang masih berkaitan seperti Ragam kegiatan anak, family traveling , dan ilmu komunikasi.


Ilmu Food Preparation menjadi favorit saya yang kedua, saya sudah mempraktekan ilmu tersebut. Karena komitmen saya untuk mempersingkat waktu berkegiatan di dapur, agar lebih fokus membersamai anak - anak. Di go live dan ruang lain saya mempelajari nya. Ilmu pendukung lainnya, saya dapatkan manajemen waktu, berbenah dan bahagia menjadi ratu dapur. 

Strategi

Strategi untuk fokus pada satu keluarga, sepertinya menjadi langkah yang cukup tepat untuk berkelana di hutan belantara ilmu😀. Untuk ilmu lainnya , saya mengikuti go live. Luar biasa banyak ilmu bertebaran, tapi saya coba untuk tidak tergoda. Meskipun akhirnya makan camilan , tetapi diupayakan untuk memilih yang merupakan ilmu pendukung pada tema belajar saya yang lain.

Setelah saya bongkar kembali dan melihat semua yang sudah saya temukan dan makan, Alhamdulillah  sepertinya masih lebih banyak makanan utama yang saya lahap.


Selain menjelajahi Hutan Pengetahuan di kelas Bunda Cekatan, saya juga belajar di tempat lainnya. Tetapi tetap sesuai dengan peta belajar yang sudah dibuat. Yaitu kelas Berbenah Dapur dari PAWONKU dan kelas Coaching Homeschooling dari RUMAH INSPIRASI. Semuanya saling melengkapi, dan benar - benar ilmu yang memang sedang saya butuhkan.

Pengalaman yang Membahagiakan

Belajar di hutan pengetahuan sangat seru dan membahagiakan, karena saya betul - betul merasakan apa itu merdeka dalam belajar. Tidak tergantung pada orang lain dan menentukan sendiri apa yang ingin kita pelajari dengan bekal Peta Belajar.

Kedepan, setelah selasai bunda cekatan ... saya akan menjadikan ini sebagai cara saya dalam belajar. Saya akan lebih rapi dalam mencatat ilmu - ilmu yang sudah dipelajari. Jangan lupa untuk mengaplikasikan nya, sehingga merasakan perubahan apa yang bisa kita buat.

Semangat Bunda Cekatan 😍

You May Also Like

0 komentar

INSTAGRAM