Ngobrol di kebun Apel bersama Keluarga Portofolio

by - 04.48


Selalu ada kejutan dikelas bunda cekatan, kali ini kami akan berkumpul dikebun apel bersama keluarga baru. Berbekal peta belajar, kami akan mencari teman - teman dengan kebutuhan makanan yang sama.

Proses Pencarian Keluarga Baru


Dengan jumlah peserta seribu lebih, rasanya akan begitu bergemuruh tanpa bantuan dari tim fasil. Untungnya saya cukup bersabar menanti arahan dari fasil😃.


Jadi saya tinggal mencari keluarga yang menjadi prioritas saat ini dengan bantuan link dan kepala keluarga yang sudah disiapkan. Awalnya cukup merasa galau karena prioritas saya adalah parenting dengan 3 sub topik yang berbeda, yaitu portofolio, pandu 45 dan Talent maping.



Setelah di pertimbangkan, akhirnya saya lebih memilih Keluarga Portofolio. Karena Tallent Maping dan pandu 45 dijadikan satu, sepertinya akan cukup lama mengerucutkannya. Berharap portofolio akan lebih fokus pembahasannya.

Keluarga Portofolio

Di keluarga fortofolio, ada 52 anggota dengan kepala keluarga mbak Himmatul Mardliyah. Suasana cukup kondusif, saling bercerita dan berbagi tentang portofolio yang sudah diketahui.

Tadinya saya berfikir bagaimana caranya kita yang sama - sama sedang mencari satu ilmu tersebut justru dijadikan satu. Bagaimana metode belajarnya? Mengundang ahli kah?

Ternyata, resep dari Bu Septi untuk perbanyak ngobrol bareng dan cerita bareng itu terbukti ampuh. Meskipun belum mendapatkan ilmu portofolio secara utuh, saya mulai mengumpulkan potongan - potongan puzzle ilmu dari teman - teman disana. Dengan banyak ngobrol dan bercerita, kami akhirnya saling berbagi dan melengkapi pengetahuan masing - masing.

Ada juga berbagi ilmu tentang tools perkembangan anak dari bunda Nurul. Untuk go live di fb group, kami sepakat bunda Euis kurniawati yang mewakili dengan tema proses mengumpulkan bank data.

Kami masih membahas tentang bagaimana tahapan mempersiapkan portofolio. Mulai dari berbagi pengalaman membuat portofolio , jurnal kegiatan, indikator pertumbuhan dan perkembangan anak sesuai usia, beberapa aplikasi porfolio, resume kulwap , artikel , metode mengenal bakat anak. Buanyakk sekali ternyata makanan yang tersaji,  dan kita harus pintar - pintar memilah dan mengunyah nya agar tidak kekenyangan.




Ini memang belum selesai, tapi rasanya menjadi cukup menyenangkan dengan gaya belajar seperti ini. Berproses dan bertahap mengikuti gamifikasi di kelas bunda cekatan berikutnya. Oiya, nama keluarga kami adalah keluarga PortA, singkatan dari portofolio anak😊.  Semangat...


You May Also Like

0 komentar

INSTAGRAM