Jurnal Ketiga Bunda Cekatan

by - 20.45



Alhamdulillah... setelah libur selama 1 minggu, kelas bunda cekatan Institut Ibu Profesional dimulai kembali. Materi kali ini adalah tentang Merdeka Belajar. Dengan tugas yang ketiga yaitu mencari telur - telur Orange. 

Belajar tentang merdeka belajar, kami diajak untuk memahami bagaimana kita seharusnya berkembang dan bertumbuh sesuai diri kita . Kita juga perlu mengetahui perubahan apa yang kita inginkan.

Melalui tugas di jurnal ketiga, kami dipandu untuk menemukan ilmu apa saja yang dibutuhkan untuk mendukung keterampilan yang sudah kita buat di telur merah. 

Telur-telur merah 

Tadinya saya mau merivisi sedikit telur merah, tetapi setelah saya lihat lagi sepertinya tidak perlu. Saya hanya perlu membuat limu yang lebih detail ditelur orange.

Dimulai dengan menetapkan belajar sesuai kebutuhan belajar, menentukan prioritas dan melakukan evaluasi diri.



Yang diperlukan untuk merdeka dalam belajar adalah komitmen pada tujuan, mandiri pada cara dan merefleksi diri. 


Saat ini prioritas utama saya adalah keluarga, jadi di awal tahun ini ... Sekitar 5 bulan kedepan saya akan fokus disana. Ditahun ini anak - anak akan Homescholing , jadi ilmu yang saya butuhkan adalah ilmu - ilmu yang terkait untuk membuat proses HS anak-anak berjalan lancar.

TUJUAN BELAJAR

Seperti yang saya sampaikan diatas, karena fokus belajar saya untuk keluarga dan Homescholing anak - anak. Jadi saya akan  menguatkan komitmen Belajar saya dengan tujuan :
👉  Agar menjadi pribadi yang bahagia, produktif dan lebih baik lagi setiap saat. 
👉 Agar mampu mendampingi anak-anak bertumbuh dengan baik.

Ilmu Yang Diperlukan

Dari telur merah yang sudah saya buat, banyak sekali ilmu yang dibutuhkan untuk mendukung keterampilan tersebut. Tetapi untuk saat ini saya mencoba untuk fokus ke maksimal 5 ilmu dahulu. Prioritas kepada ilmu yang mendukung tujuan belajar saya di 5 bulan kedepan, yaitu :

1. Ilmu membuat jurnal kegiatan dan Portofolio.
Ilmu ini saya butuhkan untuk mendampingi anak - anak . Selama ini belum rapi dan terstruktur, jadi untuk membuat portofolio yang lebih baik ... saya perlu mendalami lagi ilmu ini.

2. Ilmu Talent Mapping dan Pandu 45.
Memahami bakat anak menjadi hal yang perlu mendapat perhatian lebih. Saya ingin anak-anak dan juga kami orang tua nya untuk dapat mengenal diri dan kekuatan yang ada pada pribadi masing - masing. Saya termasuk yang kurang meyukai tes bakat dengan alat-alat. Mengamati dan mendampingi langsung akan terasa lebih akurat dan membahagiakan disetiap prosesnya.

3. Ilmu Food Preparation
Ini adalah ilmu pendukung yang berkontribusi besar dalam mencapai tujuan belajar saya. Ilmu ini saya butuhkan agar aktifitas saya dalam mendampingi anak - anak dapat berjalan lancar. Selain itu juga dapat meningkatkan indeks kebahagian diri saya ketika bab menyiapkan masakan ini terselesaikan dengan baik. Melihat segala sesuatunya menjadi teratur dan rapi, sungguh sangat menyenangkan😊.

4. Ilmu Berbenah Sadis / Konmari
Ilmu ini juga termasuk ilmu pendukung, tetapi memegang peranan penting. Saya ingin merubah suasana di rumah, menyediakan tempat beraktifitas yang nyaman untuk anak - anak dan kami sekeluarga. Saya akan mengajak semua anggota keluarga untuk bersama - sama mempelajari ilmu ini, karena kenyamanan tempat tinggal menjadi tanggung jawab bersama.

5. Ilmu Menabung
Ilmu ini turunan dari keterampilan di telur merah tentang manajemen finansial. Saya akan memulainya dengan mempelajari dari ilmu tentang menyimpan uang. Ini bagian dari bagaimana mengelola keuangan, saya ambil bab ilmu menabung karena ada banyak rencana terkait proses belajar kami sekeluarga yang membutuhkan dana khusus.

Inilah telur - telur Orange saya untuk 5 bulan kedepan...

Telur Orange yang menyegarkan 😀

SUMBER ILMU

Salah satu syarat pembelajar mandiri adalah memiliki inisiatif. Termasuk dalam mencari sumber - sumber ilmu yang diperlukan. Allah sudah menyebarkan ilmu - ilmu nya di dunia ini. Ilmu Allah itu sangat luas. Saya membaca dari tulisan bu Diena Syarifa (Founder AB Home) bahwa sejatinya sumber ilmu itu ada 3, yaitu empiris, rasional dan khabar shodiq (Berita kebenaran) . Mengasah kepekaan agar dapat melihat segala ilmu untuk melembutkan hati.

Hal itu menjadi pedoman dan sandaran dalam mencari ilmu. Untuk menyusun puzzle - puzzle imu yang saya perlukan, saya akan mencari nya dari buku, video/webinar , guru yang berkompeten dan berpengalaman, dan juga memanfaatkan internet.

CARA BELAJAR 

Agar ilmu dapat dipelajari dengan baik, seseorang harus mampu mengenali gaya belajarnya. Karena setiap orang mempunyai cara belajar yang berbeda - beda, termasuk anak- anak kita. Kalau saya mempunyai gaya belajar yang visual.

 Cara belajar saya adalah  dengan membaca ataupun melihat video, mendengarkan dan memahaminya kemudian akan saya tulis ulang... Mencatat nya kembali dengan pemahaman yang saya terima. Setelah itu saya akan membuat perencanaan, yang berisi bagaimana tahapannya untuk mengaplikasikan ilmu tersebut. Selanjutnya segera di aplikasikan dan lakukan evaluasi setelahnya.

Menulis tugas di jurnal ketiga ini, membuat saya semakin memahami bagaimana alur nya kelas Bunda Cekatan ini. Alhamdulillah telur - telur orange sudah ditemukan... Misi sudah berhasil 😀. Siap melanjutkan aksi berikut nya...

You May Also Like

0 komentar

INSTAGRAM