Manifestasi Cinta ( Peta Belajar )

by - 20.33


Mendekati tahap akhir dikelas telur-telur Bunda Cekatan, kita belajar tentang Mind Map bersama Pak Dodik. Mind Map atau kita menyebutnya peta belajar adalah alat yang akan kita gunakan ketika memasuki belantara ilmu. 

Peta belajar ini kita buat sebagai panduan agar tidak tersesat, tetap fokus pada tujuan. Tidak melebar kemana - mana. Memang betul sekali ya, karena selama ini terkadang saya suka tergoda mempelajari hal - hal lain sehingga ilmu yang sedang dipelajari tidak pernah tuntas.

Mind Map
Peta belajar ini dibuat dengan metode mind map. Kebetulan saya selalu menggunakan mind map dalam keseharian. Mencatat , mereview, membuat outline tulisan, mempersiapkan materi dan saya juga mengajari anak - anak untuk menggunakannya.

Mind map memudahkan kita untuk menempatkan informasi kedalam otak dan mengambil informasi keluar dari otak. Sehingga kita dapat memetakan pikiran kita dengan cara mencatat dengan kreatif dan efektif .

Mind map sangat mudah dipelajari dan dapat digunakan oleh siapa saja. Semua hal tentang Mind Map dapat dipelajari dengan membaca buku karangan Tony Buzan dengan judul buku pintar Mind Map. Saya tidak akan membahas detail tentang mind map disini😊. 


Kembali ke jurnal kelas bunda cekatan, kali ini kita diminta untuk membuat peta belajar. Tentunya berkaitan dengan jurnal telur yang sebelum nya. Untuk memasuki " The Jungle of Knowladge " , saya sudah membuat peta belajar sebagai berikut :



Manifestasi Cinta

Saya menyebut tema perjalanan belajar ini dengan  " Manifestasi Cinta ".

Karena pencarian ilmu ini adalah sebagai perwujudan cinta saya kepada diri sendiri, anak - anak dan keluarga, serta cinta saya kepada Allah sang pemilik Ilmu. Berharap keberkahan dalam menjalani visi dan misi hidup.



Tujuan
Jangan lupa untuk selalu mengingat tujuan. Karena ini kunci agar jalan kita on the track.

Telur - Telur Orange yang siap menetas

1. Ilmu membuat jurnal kegiatan dan Portofolio.

2. Ilmu Talent Mapping dan Pandu 45.

3. Ilmu Food Preparation

4. Ilmu Berbenah Sadis / Konmari

5. Ilmu Menabung

Ketika mencari dan membuat cabang ilmu dari telur orange, begitu banyak yang ditemukan dan rasanya semua ingin dipelajari. Tetapi saya akan memilah yang prioritas untuk dilakukan terlebih dahulu dan itulah gunanya peta belajar ini dibuat.

Peta belajar sudah dibuat , saatnya bersiap dengan perbekalan lainnya untuk memasuki " The Jungle of Knowladge". Apakah kalian bersemangat? Coba katakan PETA ... PETA ( ala Dora )😀

You May Also Like

0 komentar

INSTAGRAM