Aku lagi Sibuk ( Fitrah Perkembangan)

by - 00.57

Saat mamasnya berangkat sekolah dan abinya pergi kerja, tinggallah Syafiqa berdua dengan uminya. Biasanya ngajak main bareng atau minta bacakan buku.
Tapi terkadang juga ada saat anak anak anteng nggk ada suara, sibuk sendiri.  Main sendiri nggak perlu ditemani. Serius sekali... saat ditanya, adek lagi sibuk hehe


Ini cerita kemarin, syafiqa bermain manik manik dan lego jadul ( apa ya namanya, lupa... bentuk nya panjang dan kecil kecil) . Tadinya dipindahkan dari wadah besar ke botol botol bekas yakult. Serius nya... dilanjut oseng oseng masak masakan hehe mainan anak cewek banget ya. Main begini, syafiqa anteng banget malah nggk mau diganggu.  Jadinya bisa ditinggal sebentar nih umi mengerjakan yang lain.


Setelah cukup lama, tengok anak gadis yang masih asyik main sendiri. Coba tawarkan aktifitas lainnya.
Adek... ini manik manik nya bisa jadi kalung lho. Saya ambilkan tali kur dan mulai mencontohkan cara membuat nya. Memasukkan tali nya ke lubang manik manik tersebut. Diawal kesulitan. .. tapi setelah dicoba akhirnya bisa dan keasyikan. Yeaa... jadi kalung nya. Umi bantu pakaikan dileher. Gaya deh sambil main mondar mandir kalung nya tetap dipakai.


Syafiqa 2,5 tahun... motorik halus nya sudah cukup baik. Memegang pensil juga sudah sempurna.  Jadi ketika diajarkan meronce ... alhamdulillah berhasil juga. Nanti ditingkatkan kesulitan nya, cari manik manik yang lubang nya lebih kecil. Kaya aktivitas untuk anak anak perlu kreatifitas orang tua nya. Agar kita tidak mati gaya saat menemani mereka.  Melibatkan anak anak dalam kegiatan kita sehari hari juga bisa. Mengetahui tahap tahap perkembangan anak menjadi dasar para orang tua dalam mendidik anak anak.

 Fitrah perkembangan anak anak 2 -6 tahun fokus utamanya adalah bermain.  Tahap 0 -7 tahun dinamakan pra latih.  Mengutip dalam buku fbe ustadz Harry Santosa tentang Fitrah Perkembangan:
 " Segala yang ada di muka bumi memiliki sunnatullah tahapan pertumbuhan nya masing masing yang berkolerasi dengan dimensi waktu dan dimensi kehidupan.  Ada masa dimana benih atau biji ditanam dan disemai, ada masanya benih bertunas,  ada masanya tumbuh cabang dan daun, ada masanya berbunga, ada masanya berbuah begitu seterusnya.  Untuk setiap masa itu ada cara dan tujiannya masing masing.  Dalam sunnatullah perkembangan atau pertumbuhan ini maka tidak berlaku kaidah 'makin cepat makin baik' , juga jangan terlalu terlambat untuk tiap tahapannya. Segala sesuatunya akan indah bila tumbuh pada saatnya "

Semua anak adalah bintang maka kita orang tua nya perlu ilmu untuk membersamai sang bintang agar bersinar.

#day10
#bintangkeluarga
#kuliahbunsayiip
#tantangan10

You May Also Like

0 komentar

INSTAGRAM