Yuk ke Perpustakaan

by - 08.04

Hari Sabtu jadi jadwalnya Syahmi pergi ke perpustakaan.  Perpustakaan daerah dikota kami sudah ada ruang khusus anak, cukup menarik tempat nya dan bukunya juga cukup banyak dan bagus bagus.
Yaa meskipun terkadang tidak sama umi nya pergi ke perpustakaannya karena saya sering kali ada agenda di hari sabtu, jadi syahmi ikut sepupu nya pergi ke perpustakaan. Hari sabtu sekolah syahmi libur,  jadi pass juga untuk mengisi waktunya dengan aktivitas yang menambah wawasan nya. Syafiqa adiknya juga terkadang ikut lho ke perpustakaan.  Alhamdulillah sedari bayi... anak anak sudah dikenal kan dengan buku dan terlihat minat baca bukunya cukup tinggi.  Meskipun belum bisa membaca sendiri.


Sebelum berangkat ke perpustakaan Syahmi membuat rencana,  buku apa yang mau dicari dan dipinjam. Biasanya disesuaikan dengan minatnya saat itu. Seperti akhir akhir ini Syahmi suka sekali kendaraan alat berat.  Jadi dia mencari buku buku tentang alat berat. Aktifitas ini benar benar menambah wawasan nya, menjadi kaya wawasan karena mendapatkan hal hal baru . Pengetahuan baru yang selama ini belum diketahui.  Jenis alat berat itu ternyata banyak. Kami orang tua nya juga jadi dapat ilmu baru, belajar bersama anak sungguh luar biasa.

Mencintai buku menjadi jalan untuk mencintai ilmu. Terbiasa dengan buku atau lebih memilih ke perpustakaan daripada ke tempat tempat yang menghabiskan waktu sia sia semoga menjadi kebiasaan baik anak anak hingga dewasa.  Sejak kecil atmosfer hal hal bermanfaat semoga masuk kedalam jiwanya hingga dewasa kelak.

Sore harinya syahmi bercerita kepada teman tetangga belakang rumah kalau tadi siang syahmi pergi ke perpustakaan.  Saya lihat mata nya berbinar binar dan penuh semangat.  Dan terkejut nya ketika temannya bertanya apa sih perpustakaan?
"Kamu nggk tau perpustakaan? ?? Tempat buku buku lho, tempat pinjam buku." Syahmi menjelaskan dengan nada keheranan karena temannya tidak tahu apa itu perpustakaan.
Hehe saya yang mendengar kan jadi ikut geli dan heran.  Ya Allah kenapa guru dan orang tua nya tidak mengenal kan perpustakaan, setidaknya gambarnya atau bercerita tentang perpustakaan.

Teman syahmi ini memang bersekolah di TK yang konvensioanal di dekat sini. Saya tau karena ada les baca yang diharuskan setelah pulang sekolah. Astagfirullah daripada menyalahkan, saya bantu memberi informasi ke teman Syahmi tentang perpustakaan.  Saya memancing syahmi untuk bisa menjelaskan dengan lebih baik, menggambarkan bagaimana tempat nya, apa saja yang ada disana. Alhamdulillah berbinar binar saya lihat syahmi bercerita tentang perpustakaan.  Ahh anak tk kenapa harus dipaksa duduk manis untuk belajar baca tulis tapi seru nya perpustakaan dia belum tahu. Bisa baca yang dikejar tanpa membangun suka baca. Tiba tiba saya menjadi sedih. .. fitrah belajar anak anak ini sedang berkembang tapi dilayukan oleh ketidakpahaman orang dewasa. Semoga saya bisa membantu anak anak disekitar rumah untuk cinta buku dengan project sederhana dirumah. Atau mengajak anak anak tetangga ke perpustakaan daerah yang sudah cukup baik fasilitas nya bisa jadi project kami nanti nya. Yuk ke perpustakaan. ... :D

#day11
#bintangkeluarga
#kuliahbunsayiip
#tantangan10hari


You May Also Like

0 komentar

INSTAGRAM