Discovering Ability

by - 05.12

Pada diskusi materi "Semua Anak adalah Bintang" dikelas bunda sayang iip ada penjelasan dari bu Septi tentang apa itu Discovering Ability, saya tertarik dan ingin mendalami nya.
Sehingga saya baca berulang ulang dan saya resapi lagi makna nya yang luar biasa bila kita sebagai orang tua memiliki kemampuan ini.

Berikut kutipan diskusi dengan bu Septi :

*ENJOY, EASY, EXCELLENT, EARN*

Kita sebagai orangtua harus sering melakukan “ *_discovering ability_*” agar anak menemukan dirinya, dengan cara mengajak anak kaya akan wawasan, kaya akan gagasan, dan kaya akan aktivitas.

Sehingga anak dengan cepat menemukan aktivitas yang membuat matanya berbinar-binar(enjoy) tak pernah berhenti untuk mengejar kesempurnaan ilmu seberapapun beratnya (easy)dan menjadi hebat di bidangnya (Excellent).

Setelah ketiga hal tersebut di atas tercapai pasti akan muncul produktivitas dan apreasiasi karya di bidangnya (earn).

Discovering ability itu adalah kemampuan untuk menjelajah potensi anak-anak. Guru dan orang tua hebat adalah mereka yang memiliki discovery ability yang tinggi hingga bisa menemukan potensi tersebunyi anak sekecil debu sekalipun. Jelajahilah di empat area kehidupannya, meliputi: Ranah hubungan intra personal (Konsep diri). Rana hubungan inter personal (hubunga sesama). Ranah hubungan dengan Change Factor(Melek Perubahan). Dan ranah hubungan dengan Tuhan-nya (melek spiritual) .


Jika di empat area ini kita lakukan proses discovery dengan sempurna. Dan terus berupaya menemukan keunggulan anak di ranah tersebut, maka percayalah kita telah berada pada posisi on track dalam mebesarkan anak menuju high impact, yang kelak akan menggetarkan dunia.insya Allah
( Bu Septi Peni Wulandani )

Dari uraian tersebut saya berusaha  belajar melakukan proses discovery pada anak anak. Aktivitas anak anak menjadi hal yang lebih menarik untuk diamati. Memperhatikan mana aktifitas yang membuat mereka Enjoy, Easy, Excelent dan Earn ( 4E ).
Syahmi (5,5 tahun) dan Syafiqa (2,5 tahun) mungkin masih cukup panjang perjalanan nya untuk menemukan keunggulan mereka masing masing.  Tapi dimulai dari sedini mungkin akan membuat fitrah belajar dan fitrah bakat nya tumbuh lebih bersinar.



Pemandangan yang menurut saya sederhana tapi penuh makna ketika mereka berdua asyik dengan mainannya masing masing meskipun bersama sama. Ketertarikan yang berbeda terhadap sesuatu coba saya amati dengan seksama. Syahmi masih cukup konsisten tertarik dengan alat transportasi meskipun ragam dan jenis nya berganti ganti. Tetapi masih masuk dalam kategori alat transportasi.

Untuk Syafiqa tertarik dengan hewan hewan dari gambar nya, ceritanya, mainan dan bentuk aslinya.
 Dari karakter dan gaya belajar pun tentu juga berbeda. Syahmi yang visual kinestetik dan syafiqa yang cenderung audio visual. Bukan untuk membandingkan tapi membuat kita makin menyadari bahwa setiap anak itu unik. Semua anak adalah bintang.

Mengajak mereka untuk kaya aktivitas,  kaya wawasan dan kaya gagasan memang suatu keharusan agar semakin beragam yang bisa diketahui dan dipelajari.  Kesamaan mereka akdalah tidak ada kata menganggur dalam keseharianya, ada banyak hal yang mereka lakukan dalam satu hari. Seperti nya tidak ada lelah,  justru saya orang tuanya yang terkadang lelah mengimbangi energi anak anak yang seakan akan tidak ada habisnya.  Belum lagi baju dalam sehari bisa ganti berkali kali karena tahu tahu sudah main air dikamar mandi. Kalau sudah begini. .. minum kopi jadi solusi nya hehe tak ada tidur siang buat si emak ( kode kode buat abi kasih jatah tambahan buat beli kopi herbal :D )

Jadi postingan kali ini sebenarnya lebih ke pengingat dan penyemangat diri untuk para orang tua khususnya saya dalam mendampingi anak anaknya. Karena Hari ini beragam sekali aktivitas yang mereka lakukan. .. bisa jadi lebih dari satu tulisan hehe

Mengulang kata kata bu Septi yang saya jadikan catatan penting dibuku saya ...
" Guru dan orang tua hebat adalah mereka yang memiliki discovery ability yang tinggi hingga mampu menemukan potensi tersembunyi anak sekecil debu sekalipun"

#day9
#bintangkeluarga
#kuliahbunsayiip
#tantangan10hari

You May Also Like

0 komentar

INSTAGRAM